1. Pengertian Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
2. Tujuan Pengembangan Kurikulum
Tujuan utama pengembangan kurikulum adalah untuk:
-
Menyesuaikan isi pembelajaran dengan kebutuhan zaman
-
Menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan global
-
Meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan
-
Mengembangkan kompetensi abad 21 seperti berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif (4C)
-
Mewujudkan peserta didik yang berkarakter dan berakhlak mulia
3. Pengembangan Isi Kurikulum
Isi kurikulum mencakup kompetensi inti dan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik. Pengembangannya mencakup:
a. Aspek Akademik dan Kognitif
-
Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
-
Mata pelajaran sesuai jenjang (misalnya Matematika, Bahasa, Sains, Sejarah)
b. Aspek Sikap dan Nilai Karakter
-
Kejujuran, disiplin, tanggung jawab, empati, kerja sama
-
Penguatan Profil Pelajar Pancasila (di Kurikulum Merdeka)
c. Aspek Keterampilan dan Praktik
-
Proyek berbasis masalah (project-based learning)
-
Pembelajaran berbasis aktivitas
-
Kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
d. Kontekstual dan Berbasis Lingkungan
-
Pembelajaran disesuaikan dengan kondisi lokal dan budaya
-
Integrasi antara teori dan praktik
4. Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum
-
Kebutuhan peserta didik
-
Perkembangan IPTEK
-
Tuntutan dunia kerja
-
Kondisi sosial budaya masyarakat
-
Kebijakan pemerintah dan globalisasi
5. Tujuan Isi Kurikulum
Secara umum, isi kurikulum bertujuan:
-
Memberikan dasar pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik
-
Membentuk kepribadian dan karakter yang baik
-
Menyiapkan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan, memasuki dunia kerja, dan hidup bermasyarakat
-
Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nilai-nilai kebangsaan
-
Mendorong peserta didik menjadi pembelajar sepanjang hayat
Penutup / Kesimpulan
Pengembangan dan tujuan isi kurikulum harus selalu relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik. Kurikulum yang baik adalah yang mampu membekali siswa tidak hanya secara akademik, tetapi juga dalam aspek karakter, keterampilan hidup, dan kesiapan menghadapi masa depan.
Komentar
Posting Komentar